BLOG CORAT CORET

Pena anak rantau

Reflection of Week 2 : Opportunities in the Fashion and Creative Industry

Hai good people..
Hari ini aku akan membahas tentang kelas minggu ke-2. Yaitu mengenai opportunity apa saja yang ada didunia fashion industry. Ms Vania menjelaskan bahwa tidak hanya fashion designer saja, sangat banyak job di bidang fashion industry yang tidak kalah penting. Orang - orang yang bekerja di fashion industry adalah seorang fashion entrpreneur.

Type dari fashion industry ini dibagi menjadi 3 kategori,yaitu:

1. Vertical -> from row material to manufacture, from distribution in retailing. Contohnya adalah
    produk Zara.
2. Growth supply chain -> to achieved by growthing more consumer. This can be achieved by yours.
3. Horizontal -> Achieved by selling more type of products or service . This can be achieved in a \
    number of ways. (example : fashion --> food )

Dan disini akan saya jabarkan beberapa opportunities di bidang fashion industry :

1. Textile
     Peluang posisi dibidang textile adalah Fashion designer product textile itu sendiri, dimana target yang diutamakan disini adalah perolehan textile dan produksi textile sebagai bahan dasar pembuatanproduk.

2. Fashion Forecasting Illustration.
    Di dunia fashion, ada posisi sebagai fashion forecaster yaitu orang yg akan mempreduksi jenis fashion apa yang akan menjadi trend di kalangan masyarakat. warna apa yang cocok, bahan dan tekstur apa yang bagus, juga membuat perencanaan untuk next season. Dan di peluang lain yaitu sebagi Fashion Illustration. Yaitu, orang yang bertugas mengilustrasikan bentuk produk yang di buat sebagai bentuk pemasaran.

3. Fashion/Textile Design
    Diantaranya ada Fashion designer, yaitu orang yang memdesain sebuah produk. Selain itu, pattern makers, yang bekerja sebagai pembuat pola serta merancang berapa ukuran besar kerah / lengan yang akan dibuat. Cutters tugasnya sebagai pemotong bahan agar diproduksidengan baik dan sesuai, dan juga fashion mechanic. Fashion mechanic ini tugasnya adalah membuat contoh satu produk sebelum di produksi masal.

4. Manufacturing & Distribution
    Bidang ini membutuhkan beberapa, seperti Quality control, yang bertugas sebagai pengawasan kualitas produk. Production manager yang bertugas untuk memanage proses produksi. Distribution team yang bertugas dibidang distribution.

5. Fashion sales/ Marketing
    Beberapa posisi dibidang ini yaitu, Store manager yang bertanggung jawab dibidang store. Sales assistant yaitu sebagai sales yang menawarkan produk. Fashion Consultant yang bekerja sebagai penerima jasa konsultasi/ bila perusahaan mengalami keterpurukan dalam proses produksinya, fashion consultan bertugas untuk memberikan saran berdasarkan data-data dan fakta yang telah di perhitungkan.
     Selain itu, ada juga Fashion editor dan fashion stylish yang bekerja dibagian pemasaran majalah / website atau media public.Brand, Model, Photograph dan Artist adalah figur yang juga mempengaruhi marketing dari fashion business.

6. Fashion Retail
    Fashion merchandisers, yang bekerja sebagai pengatur dalam proses penjualan produk. mulai dari A- Z proses di fashion bussiness. Selain itu ada fashion buyer, yaitu orang yang bertanggung jawab memilih produk untuk dijual. Jika produk tidak laku maka fashion buyer bertanggung jawab. Visual merchandiser,tugasnya adalah membuat tampilan merchandise / menata display agar menarik perhatian orang. Dan yang terakhir adalah Retail or Brand Managers, yaitu manager dari retail bussines tersebut.

7. Fashion Industry Pathways
    Selain beberapa posisi diatas tadi, ada juga fashion industry pathways seperti, Fabric technologists, Fashion event organizers, Fashion Industries Boundaries, Fashion Software/ web designer.


Nah itu dia beberapa opportunities dibidang Fashion Business. Masyarakat mungkin hanya tau fashion designer, fashion stylist dsb, tapi belum mengenal lebih dekat beberapa posisi jobberbeda yang tidak kalah penting di bidang fashion industry.


Setelah itu, kelas dilanjutkan dengan presentasi 4 kelompok mahasiswi yang menjelaskan tentang fashion icon pilihan mereka. Beberapa rangkuman yang saya tuliskan, akan saya jabarkan disini :

Kelompok pertama menjelaskan tentang Dolce and Gabana dari Italy yang memulai 1st collection mereka di th 1985. Dan tema produk mereka adalah sexy and Glamor. Juga mix color mereka adalah Hitam, Putih, Merah dan Gold.

Kelompok kedua menjelaskan tentang Anna avantie yang lahir di tahun 1954 dan berhasil menjadi perancang international setelah mengalamai jatuh bangun berkali kali. Beliau telah mendalami dunia fashion selama kurang lebih 25 th. Anna Avantie memfokuskan diri di Bidang kebaya dan Kain kain traditional.

Ralph Lauren lahir di Newyork city pada th 1939. Beliau menciptakan produk yang tak lekang oleh zaman. Yaitu POLO, kaos polos berkerah yang didasari dari pemikiran fashion th 1967.

Terakhir ada Ruth Handler. yaitu pencipta produk Barbie dan berhasil menciptakan produk yang berpengaruh besar terhadap fashion toys product di dunia.


Oke, sekian jurnal refleksi dari saya untuk minggu kedua ini. Selanjutnya akan ada jurnal ketiga, keempat dan seterusnya.
Thank You

Tidak ada komentar:

Posting Komentar