BLOG CORAT CORET

Pena anak rantau

jurnal refleksi 10 film dokumenter 'the real cost'

Hai bloggggg... hari ini aku akan memberikan journal refleksi ke 10 yaitu mengenai film dokumenter "The true cost". Dalam film ini menceritakan kehidupan dibalik kemewahan fashion branded, yang kita ketahui dilihat dari kemewahan dan terkenalnya adalah model model cantik dan desain yang bagus serta merk yang ternama,  seperi item item fashion yang sering muncul dalam fashion week dunia.

Namun, dibalik kemewahan dan keindahan item2 produk tersebut, tanpa kita sadari ada bagian yg juga penting dan patut diperhatikan. Yaitu, orang orang yang bekerja dibelakang, yaitu para pekerja pabrik dalam mencetak fashion item branded tsb.

Tanpa kita sadari, ternyata banyak buruh pabrik/ pekerja yang tidak mendapat perlakuan seimbang dari yang dihasilkan, harga yang mahal pada fashion item tidak menjamin perekonomian masyarakat sbg pengrajin mendapat hak yang baik. tidak sedikit dari mereka yg mendapat upah minim dan jam kerja yang panjang. Mengapa mereka mau? karena tuntutan hidup membuat mereka memilih untuk tetap menjadi pengrajin suatu perusahan fashion branded meskipun terkadang mereka tidak mendapat jaminan keselamatan atau harus membawa bayi mereka dan menaruhnya disekitar mesin selagi mereka bekerja. semua itu sudah menjadi hal umum.

Bahkan, saat terjadi sebuah musibah yang menimpa para pekerja saat mereka sedang bekerja adalah diakibatkan kontruksi bangunan tempat mereka bekerja yang tidak pernah di cek keamanannya. hal ini merugikan banyak orang, selain mereka kehilangan nyawa sebagian mengalami cacat seumur hidup Dan sudah pasti walaupun mereka selamat Dan cacat, tidak akan diterima untuk bekerja lagi.

Hal ini adalah akibat dari kurangnya kesadaran perusahaan terhadap tenaga kerja kecil yang sebenarnya sangat berpengaruh besar pada fashion item yg mereka hasilkan.

perlu adanya kesadaran dari perusahaan fashion di seluruh dunia untuk memperhatikan keselamatan dan perlindungan terhadap tenaga kerjanya.

sekiannn,
Salam Entrepreneur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar