BLOG CORAT CORET

Pena anak rantau

TugasCreative Insight ( video : the next black)

Dalam refleksi ini, saya akan menjabarkan dan mengulas kembali ringkasan yang saya dapati dari sebuah video. Video ini adalah salah satu tugas creative insight..

Dalam video tersebut, hal utama yang dibahas adalah tentang pembaharuan ide ide dan inovasi fashion masa kini. Kita tahu bahwa dunia fashion terus berkembang dan sudah menjadi hal biasa bila material yang digunakan untuk menciptakan sebuah busana harus out of the box dan berinovasi berasal dari ide ide kreatif.

hal pertama yang saya perhatikan, adalah penciptaan ide yang berasal dari teknologi..
out of the box berupa baju yang di kombinasikan dengan ide berupa gelembung bubble. Teknologi yang digunakan berupa mesin pembuat gelembung yang di kombinasikan di baju adibusana tersebut. Seperti contoh untuk pembuatan busana Lady Gaga.

Selain teknologi gelembung, terdapat juga teknologi pengukur tingkat kenyamanan dan keluwesan olahragawan dengan menginovasikan penggunaaan teknologi ini pada baju si pemakai. Seperti contoh pada baju Adidas.

Yang kedua biological, yaitu ide yang berasal dari makhluk hidup seperti bakteri kemudian diaplikasikan di fermentasikan menjadi bahan pembuatan busana, Ide ini terinspirasi dari baju yang biasa kita gunakan pasti memiliki bakteri tersendiri saat dipakai, nah, designer menciptakan inovasi dari ide tersebut menjadi "bagaimana bila bakteri adalah sebagai bahan utama pada pembuatan baju?'
Kemudian dari sini diciptakan bakteri yangberasal dari makanan kemudian diolah menjadi bahan bahan (terlihat seperti nori) yang kemudian di aplikasi kan menjadi busana.

Yang ketiga Fast Fashion, desainer menuangkan ide berupa tulisan pada produknya, agar client tertarik membeli dan menyukai desain baju.  seperti contoh "don't buy this jacket" dan kata-kata tersebut malah membuat orang tertarik untuk membeli.

Yang ke empat adalah  Dyeng without water.yaitu pembuatan warna warna pada textile dengan tanpa menggunakan air. Jadi warna yang diciptakan pekat tetapi dengan bantuan teknologi, bahan yang digunakan tidak memakai air. Desainer mendapatkan inspirasi dari pemikiran masa depan kita, agar nantinya kegiatan ini bisa ramah lingkungan dan lingkungan menjadi tidak tercemar.

Dan yang kelima adalah Fixing things, yaitu ide sebuah desainer yang terinspirasi dari benda benda fashion yang sudah rusak. Konsep yang ditawarkan adalah desainer akan membenarkan baju-baju tersebut dengan menambal bagian bagian yang rusak dan memodifikasinya menjadi busana dengan desain yang baru. Sehingga, si pemakai dapat kembali memakai busana yang ia punya kembali.

Semua itu adalah beberapa bukti nyata bahwa teknologi, biologis, ideide dan sebagainya dapat dikembangkan untuk dipadukan di bidang fashion. Ide ide seperti ini yang seharusnya dikembangkan dan lebih diterapkan agar dunia fashion tidak terbatas hanya pada material ide ide yang sudah ada, tetapi agar bisa menciptakan inovasi inovasi baru.

Ide yang saya dapatkan setelah melihat video tersebut adalah pengaplikasian antara busana dengan teknologi listrik. Konsep dari busana tersebut adalah dapat mengalirkan listrik dari segala arah dan fungsinya adalah untuk membuat rambatan berupa listrik yang dapat memancarkan di segala sisi. Seperti contoh, dibagian rok pada busana gaun, rok mengembang dan memancarkan aliran aliran seperti petasan ataupun percikan listrik. Hal ini pasti akan menjadi busana ekstrim yang  pernah terciptakan.


Sekian refleksi video the next black:)
Salam Entrepreneur :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar